Inilah Cara Efektif Mengoptimalkan Kinerja Windows 10

 


Inilah Cara Efektif Mengoptimalkan Kinerja Windows 10Windows 10 merupakan terobosan sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh microsoft. Microsoft menawarkan banyak keunggulan dalam sistem operasi terbarunya kali ini. Beberapa keunggulan menarik dari windows 10 adalah kompatibel untuk semua jenis perangkat, dilengkapi dengan mode virtual dekstop, cocok untuk gaming, fitur keamanan yang lebih baik, dan masih banyak lagi keunggulan menarik lainnya yang microsoft berikan dalam sistem operasi Windows 10.

Meski mempunyai performa yang sangat optimal, tetapi masih ada juga beberapa keluhan yang dirasakan oleh pengguna Windows 10. Salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh sebagian besar pengguna Windows 10 adalah mengalami performa sistem yang terkadang menjadi lelet atau lemot.

Bagi kamu yang sering merasakan keluhan tersebut, kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena dalam pembahasan terbaru kali ini kami telah menyediakan beberapa cara paling efektif yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan kinerja Windows 10.

Berikut Merupakan Cara Efektif Mengoptimalkan Kinerja Windows 10

1. Uninstal Aplikasi Bawaan Pabrik yang Tidak Diperlukan (Bloatware)

Salah satu pilihan cara alternatif untuk membuat Windows 10 tidak lemot adalah menguninstal aplikasi bawaan pabrik atau bawaan Windows 10 yang bisa juga disebut dengan bloatware. Kamu dapat menghapus atau menguninstal bloatware sesuai dengan kebutuhan kamu juga.

Terkadang aplikasi bawaan pabrik sangat sering kita jumpai di berbagai macam sistem operasi. Tentu saja terkadang hal tersebut dapat memakan memori begitu besar, terlebih lagi jika kamu menginstal aplikasi lain yang kamu butuhkan.

Pastinya kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih dari cukup agar tidak membuat sistem operasi Windows 10 pada komputer atau laptop kamu menjadi lemot.

2. Mengurangi Waktu Booting Pada Menu Boot

Saat kamu menyalakan komputer, menu boot ditampilkan dalam jangka waktu tertentu sebelum sistem operasi dimulai. Hal ini memberi kamu waktu untuk melakukan hal-hal seperti memulai Windows dalam Safe Mode. Kamu dapat memangkas beberapa detik dari waktu startup kamu dengan mengubah batas waktu boot, yang diatur 30 detik secara default.

Caranya sangat mudah yaitu, klik Start -> Control Panel -> System -> Advanced System Settings -> Startup and Recovery -> Settings -> selanjutnya pergi ke time to display list of operating systems. Kemudian ubah value (nilai) dari 30 detik menjadi 10 detik dan klik OK.

3. Mengupgrade Drive

Cara ini merupakan tindakan terakhir yang perlu kamu lakukan jika semua cara di atas telah kamu upayakan, namun belum mendapatkan hasil yang begitu maksimal untuk mengoptimalkan kinerja sistem operasi Windows 10 kamu. Saat ini, drive yang sering digunakan untuk mengoptimalkan kinerja sistem operasi Windows 10 adalah dengan menggunakan Solid State Drive (SSD).

SSD selama ini dikenal memiliki kecepatan akses data yang sangat luar biasa. Perangkat Solid State Drive ini biasanya dilengkapi baterai internal dan sistem penyimpanan data cadangan juga. Namun, yang membuat orang jarang memandang SSD adalah di karenakan harganya yang begitu mahal. Bahkan, 2x lipat dari Harddisk Drive.

Baca Juga

4. Menambah Kapasitas RAM

Salah satu cara berbayar selain mengupgrade drive adalah dengan menambah kapasitas RAM. Komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 10 yanag memiliki RAM 2GB, terkadang masih terasa lemot. Karena Windows 10 menggunakan lebih dari 50% kapasitas RAM dari komputer atau laptop kamu.

Namun, dengan menambah kapasitas RAM minimal 4GB untuk Windows 10. Maka kinerja dari sistem operasi Windows 10 pada komputer atau laptop kamu akan menjadi terasa lebih optimal.

5. Maintenance Sistem Secara Berkala

Windows 10 memiliki pemecah masalah kinerja bawaan yang dapat membantu kamu menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin memengaruhi kecepatan Windows 10 pada komputer atau laptop kamu. Agar sistem tetap berjalan dengan lancar, Windows 10 perlu melakukan maintenance sistem secara berkala atau juga bisa di setting secara automatis.

Proses maintenance sistem ini mencakup data security scanning, update software, dan diagnosa sistem lainnya pada Windows 10. Fitur maintenance sistem ini dapat kamu atur melalui menu Control Panel –> System and Security –> Security and Maintenance –> Change Maintenance settings.

Nah, jadi itulah dia beberapa cara paling efektif untuk mengoptimalkan kinerja Windows 10 yang telah kami rangkum dalam pembahasan terbaru kali ini. Demikianlah pembahasan artikel saya buat.

Dan terimakasih karena telah mengunjungi blog kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat dan memberi pengetahuan baru, silahkan berkomentar positif dan share artikel ini. Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah MC Mappacci Adat Bugis

Cara Cepat Mengganti Template Blog

Mengenal Bersosial ID | Sosmed Terbaru Penghasil Uang